8 Rahasia Kecantikan ala Korea

Rizki Adis Abeba | 16 Juli 2019 | 15:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Warga Korea terkenal akan keindahan kulit yang putih mulus seolah tanpa noda. Selain terlahir berkulit cerah, masyarakat Korea terkenal sangat peduli terhadap kecantikan. Mereka rela menghabiskan waktu dan uang demi perawatan kecantikan melalui berbagai cara.

Meski dikenal gemar operasi plastik demi penampilan wajah sempurna, masyarakat Korea juga memiliki banyak rahasia perawatan kecantikan secara alami. Aktris bintang serial Queen Seondeok, Go Hyun Jung, mengungkap rahasia kecantikannya buku berjudul Go Hyun Jung's Texture.

Tak mengejutkan, Go Hyun Jung kerap disebut-sebut sebagai ratu kecantikan kulit Korea. Berikut 8 rahasia kecantikan ala Korea yang perlu Anda ketahui.

1. Hidrasi yang cukup
Orang Korea meyakini, kecukupan cairan akan membuat kulit mereka sehat dan bersinar. Mereka senantiasa memulai hari dengan meminum segelas air putih, lalu memercikkan air ke wajah selama beberapa menit. Buah dan sayuran juga bagian penting dalam menu makanan mereka. Orang Korea gemar makan makanan dengan sangat sedikit kandungan sodium untuk menjaga hidrasi dalam tubuh.

2. Tiga langkah perawatan wajah: cleansing, toning, moisturising
Mereka meyakini inilah tiga langkah terbaik dalam mengaplikasikan produk perawatan kulit.
- Cleansing: Aktris dan penyanyi Bae Suzy pernah bicara tentang membersihkan wajah "424". Dimulai dengan membersihkan wajah dengan minyak (kelapa, kenari, atau minyak pembersih apa pun) selama empat menit, dilanjutkan dengan foaming cleanser selama dua menit, lalu membilas wajah selama empat menit. Mulailah dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk menutup semua pori-pori yang terbuka.
- Toning: Mengetuk-ngetuk wajah dengan toner menggunakan ujung jari untuk penyerapan maksimal.
- Moisturising: Dengan menggosok kedua telapak tangan, lalu mengusapnya ke seluruh wajah ke arah luar dan bawah.

3. Masker wajah
Hampir semua merek kosmetik Korea memiliki produk masker wajah dengan berbagai varian aroma dan khasiat. Umumnya orang Korea menggunakan dua jenis masker –masker pembersih dan pelembap-- secara rutin sekali dalam seminggu untuk membantu mengencangkan kulit wajah. Masker yang terbuat dari tepung kepompong atau baekgangjam diyakini membuat kulit wajah lebih putih. Selain itu, masker buatan rumah dari putih telur dan madu menjadi favorit sepanjang masa.

4. Perawatan kulit leher
Aktris Go Hyun Jung menggunakan krim leher yang diaplikasikan mulai dari rahang bawah ke leher bawah agar tak terjadi perbedaan tone kulit wajah dan leher.

5. Tidur cukup
Sudah rahasia umum, tidur 6-8 jam sehari sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Perawatan kulit
Saat ini produk kosmetik Korea kian populer di dunia. Orang-orang Korea menggunakan 10 hingga 20 jenis produk perawatan kulit per hari.

7. Latihan peregangan wajah
Latihan ini sudah lazim di kalangan aktris dan aktor Korea. Mereka melakukannya dengan mengucap “ma me mi mo mu” sebanyak sepuluh kali untuk melatih kelenturan otot wajah, mulut, dan dagu.

8. Makeup minimalis
Orang Korea tak menyukai polesan makeup tebal. Ingat, rahasia kecantikan orang Korea yang paling utama: sedikit makeup, banyak perawatan kulit.

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait